Laman

Minggu, 14 Oktober 2012

Contoh Aplikasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

' expr:id='"post-body-" + data:post.id'> 1. GRAFIK KOMPUTER
              A   Computer Aided Design (CAD)

 
         Computer Aided Design (CAD)  adalah alat batu yang berbasis komputer yang digunakan dalam proses analis dan design, khususnya arsitektural dan engieering. CAD banyak digunakan dalam mendesign bangunan, pesawat, bangunan, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.       Berawal dari menggantikan fungsi meja gambar kini perangkat lunak CAD telah berevolusi dan terinegrasi dengan perangkat lunak CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing). Integrasi tu dimungkinkan karena saat ini kebanyakan aplikasi gambar 3 dimensi atau bisa disebut solid modelling .

            B Coreldraw 

 
            Software ini dibuat untuk membuat desain logo. Terutama yang dua dimensi karena sangat mudah dan bebas dalam membuat gambar. Toolsnya yang sangat bagus untuk editing gambar sehingga gampang membuat grafik lengkung, lurus, sesuai keinginan.

Kelebihan software ini yang lain adalah ketika kita membuat desain dibesarkan (zoom) berapapaun gambar kita gak pecah sehingga kita bisa lebih detaik ketika menggabungkan desain kita. Software berbasic vektor ini sangat familiar bagi pecinta desain grafis karena kemudahan yang ditawarkan.

Untuk duplikasi gambar juga sangat mudah tinggal menekan Ctrl+D gambar akan menduplikasi sendiri, mirror transform juga kelebihan lain font bawaan dari corel draw 10 juga lumayan sangat mencukupi untuk membuat sebuah logo baik organisasi, perusahaan atau lainnya yang diutamana desain menggunakan dua dimensi.

           C . Google Sketchup

 









             Google SketchUp merupakan program modeling yang diperuntukkan bagi para profesional di bidang arsitektur, teknik sipil, pembuat film, pengembang game, dan profesi terkait. Program ini disediakan Google untuk dapat didownload secara gratis. Google SketchUp memiliki kelebihan pada kemudahan penggunaan dan kecepatan dalam melakukan desain, berbeda dengan program 3D CAD lainnya.

Google SketchUp adalah sebuah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Google. Pendesain grafis ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di Google 3D Warehouse. 


2. PENGOLAHAN CITRA

              A. Google earth

 
            Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer, Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelif, fotografi udara .Aplikasi ini  menampilkan peta planet bumi secara keseluruhan. Bukan cuma peta, karena bisa menampilkan bentuk 3D dari suatu permukaan bumi. Dataran tinggi/rendah, bentuk-bentuk gunung, jalan-jalan, nama-nama daerah, kepadatan penduduk, cari ATM, dan masih banyak lagi yang bisa dicustomize untuk ditampilkan. Pokoknya, seperti kita melayang-layang di atas bumi.

            B. Ultrasonografi Medis (USG)

Ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk pencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur dan lauka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Sonografi obstetrik biasanya digunakan ketika masa kehamilan.
     Pilihan Frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan ke dalam tubuh pasien. Diagnostik sonografi umumnya beroperasi pada frekuensi 2 sampai 13 megahertz.
     Sedangkan dalam fisika istilah "suara ultra" termasuk kedalam seluruh energi akustik dengan sebuah frekunsi di atas pendengan manusia (20.000 Hertz), penggunaan umumnya pada gambaran medis melibatkan sekelompok frekuensi yang ratusan kali lebih tinggi.
     Mesin USG merupakan bagian dari USG yang dimana fungsinya untuk mengolah data yang diterima dalam bentuk gelombang. Mesin USG adalah CPUnya USG sehingga didalamnya terdapat komponen-komponen yang sama seperti pada CPU pada PC  cara untuk USG merubah gelombang menjadi gambar.
MANFAAT USG
  • Memastikan hamil atau tidak
  • Mengetahui keadaan janin, lokasi janin, jumlah janin dan tanda kehidupannya.
  • Mengetahui keadaan rahim dan organ disekitarnya.
  • Melakukan penapisan awal dengan mengukur ketebalan selaput lendir, denyut janin, dan sebagainya.

1 komentar:

  1. wah mantaps kang ilmunya, sangat bermanfaat.. terima kasih.. ^^

    BalasHapus