Laman

Senin, 09 April 2012

RESUME KELOMPOK 2 (PRILAKU KONSUMEN)


Perilaku Konsumen adalah sebagai tingkah laku atau proses dari konsumen yang ditujukan dengan pencarian dalam membeli, pemilihan, memperbaiki, menggunakan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi atau memuaskan kebutuhan dan keinginannya. Dan untuk pengertian perilaku konsumen dalam ilmu MICRO yaitu mengenai individu atau masyarakat sebagai konsumen bisa membuat suatu keputusan dengan menggunakankan sumber daya yang terbatas untuk mendapatkan produk dan jasa yang diinginkan untuk dapat dikonsumsi atau dimanfaatkan.

Tiga Faktor Dasar yang Mempengaruhi Pilihan Konsumen, yaitu :

  1. Konsumen Individu, Didasari kebutuhan konsumen itu sendiri, b. Persepsi hasil pemaknaannya yang diterima melalui informasi atau pengalaman, c. Pembentukan sikap, dalam memilih merek atau jenis barang di pengaruhi demografi individu, gaya hidup, dan karakteristik individu.
  2. Pengaruh Lingkungan, Dari lingkungan pembelian konsumen dengan a. Budaya, pengaruh dari norma kemasyarakatan atau suku, b. Kelas sosial, dari suatu grup atau kelompok sosial atas harta konsumen, c. Grup tata muka, bisa dengan teman atau relasi atau bahkan anggota keluarga, d. Faktor situasional, situasi dimana konsumen harus memiliki atau membeli produk sesuai dengan tempat situasi atau kalangannya.
  3. Marketing Strategy, Pemasar dalam hal ini mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konsumen. a. Produk pasar b. Harga pasar c. Periklanan d. Pendistribusian untuk mendorong konsumen mengambil keputusan.

[+/-] Selengkapnya...

RESUME KELOMPOK 1

PENENTUAN HARGA, PERMINTAAN, DAN PENAWARAN


Harga
Harga adalah besarnya nilai jual yang ada pada setiap barang yang dijual dimana sebelum didapatkan harga keseimbangan telah ditentukan dulu berapa keuntungan yang didapat dari produk yang dijual dan juga biaya lainnya. Didalam ilmu ekonomi terdapat dua jenis kegiatan yang saling berhubungan dalam kelangsungan ekonomi kita, yaiut permintaan dan penawaran.

Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang yang diminta oleh pembeli pada harga dan waktu tertentu.
Hukum permintaan berbunyi seperti berikut: "Jika suatu harga barang naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun, dan sebaliknya jika suatu harga barang turun maka jumlah barang yang diminta akan naik."

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan:
  1. Harga Barang,
  2. Barang yang Bersifat Subtitusi (Barang Pengganti),
  3. Pendapatan Masyarakat,
  4. Selera Masyarakat, dan
  5. Jumlah Penduduk.

Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual kepada masyarakat.
Hukum penawaran berbunyi sebagai berikut: "Jika harga suatu barang naik maka barang yang ditawarkan akan naik, dan sebaliknya jika harga suatu barang turun maka maka barang yang ditawarkan akan menurun."

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:
  1. Harga Barang,
  2. Biaya Produksi,
  3. Pajak,
  4. Tingkat Teknologi yang Digunakan, dan
  5. Tujuan Perusahaan.
Bedasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa harga suatu barang ditentukan dari banyaknya permintaan dan penawaran itu sendiri. Tapi hal tersebut tidak bisa digunakan di semua negara, akan tetapi sangat cocok di Indonesia karena seringnya terjadi kenaikan harga yang diikuti dengan kelangkaan benda yang dijual.

[+/-] Selengkapnya...