Laman

Selasa, 24 April 2012

RESUME KELOMPOK 4 STRUKTUR PASAR


Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Struktur pasar dibagi kedalam beberapa bagian yaitu :
  • Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Contohnya pasar kenari yang semuanya menjual peralatan listrik. Walaupun menjual barang yang sama, pasar ini tidak akan bangkrut karena setiap orang dari seluruh daerah akan mencari peralatan listrik dipasar itu.
  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :
  1. Pasar Monopoli yaitu hanya terdiri satu penjual yang menguasai pasar. Contoh PLN.
  2. Pasar Oligopoli yaitu pasar yang  dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
  3. Pasar Duopoli yaitu memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
  4. Pasar Persaingan Monopolistik yaitu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
  5. Pasar Monopsoni yaitu jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli. Contoh : PT.KAI karena merupakan satu-satunya pembeli peralatan kereta.
Pertanyaan yang diajukan mengenai perusahaan internasional yang mendominasi di Indonesia seperti KFC apakah akan menimbulkan kerugian bagi negara karena pasarnya dikuasai oleh pasar Internasional, menurut  penjelasan yang didapat yaitu tidak sama sekali. Walaupun perusahaan asing, KFC yang berada di Indonesia merupakan milik orang Indonesia dan dikelola sendiri karena mereka telah membeli frenchisenya yaitu berupa nama perusahaan dan resep masakannya dan nanti pajaknya juga tetap dibayarkan kepada negara tanpa membagi dua kepada KFC.  

[+/-] Selengkapnya...

RESUME KELOMPOK 3 PERILAKU PRODUSEN


Perilaku produsen adalah orang atau suatu badan perusahaan yang berperan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa untuk konsumen sehingga mereka bisa mendapat keuntungan dari produk atau jasa yang mereka hasilkan .
Dan perilaku produsen yang paling penting yaitu menghasilkan barang atu jasa seminimal mungkin akan tetapi bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besar nya .
Bebberapa faktor yang harus dipenuhi dalam hal kegiatan produksi :
  1.  Sumber Daya Alam
  2.  Sumber Daya Manusia
  3.  Sumber Modal
Dan juga dalam faktor produksi produsen harus memperhatikan perkembangan teknologi karna mau tidak mau senmakin pesat nya perkembangan teknologi dapat membantu mengahsilkan barang yang lebih cepat dan efisien . Tapi juga tidak semua nya pekerjaan dalam mengahasilkan barang bisa dikerjakan oleh mesin sehingga masih diperlukan tenaga manusia.

[+/-] Selengkapnya...