Struktur
pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Struktur pasar
dibagi kedalam beberapa bagian yaitu :
- Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar
dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat
homogen. Contohnya pasar kenari yang semuanya menjual peralatan listrik.
Walaupun menjual barang yang sama, pasar ini tidak akan bangkrut karena setiap
orang dari seluruh daerah akan mencari peralatan listrik dipasar itu.
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar
persaingan tidak sempurna terdiri dari :
- Pasar Monopoli yaitu hanya terdiri satu penjual yang menguasai pasar. Contoh PLN.
- Pasar Oligopoli yaitu pasar yang dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
- Pasar Duopoli yaitu memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
- Pasar Persaingan Monopolistik yaitu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
- Pasar Monopsoni yaitu jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli. Contoh : PT.KAI karena merupakan satu-satunya pembeli peralatan kereta.
Pertanyaan
yang diajukan mengenai perusahaan internasional yang mendominasi di Indonesia
seperti KFC apakah akan menimbulkan kerugian bagi negara karena pasarnya
dikuasai oleh pasar Internasional, menurut penjelasan yang didapat yaitu
tidak sama sekali. Walaupun perusahaan asing, KFC yang berada di Indonesia
merupakan milik orang Indonesia dan dikelola sendiri karena mereka telah
membeli frenchisenya yaitu berupa nama perusahaan dan resep masakannya dan
nanti pajaknya juga tetap dibayarkan kepada negara tanpa membagi dua kepada
KFC.